jgn nikahi almamaterSalut benar dengan orang-orang yang banyak berkepanitiaan, dimulai dari awal jadi mahasiswa sampai sekarang telah menapaki banyak semester. Ialah yang bangga menyibukkan diri mengembangkan dirinya.

Padahal, saya pernah mengalaminya, dan berkebalikan dengan sekarang. Merasa cukup dengan softskills yang diraih, rasanya penting nian kalau mengalihkan kepanitiaan ke arah akademis. Urusan akademis yang dimaksud bukanlah kuliah belaka. Jadi asisten unit, asisten penelitian, asisten praktikum, ikut konferensi, dan kursus bahasa asing termasuk bagian urusan akademis.

Belum lagi, jika keinginan itu diperbanyak yang tiada kaitan dengan akademis. Menulis cerbung, menulis novel (yang tak lagi diteruskan karena rusaknya laptop), membaca banyak buku (yang sekarang justru semakin menumpuk) adalah keinginan yang boleh jadi menguatkan akar sukses masa depan.

“Saat kita sibuk, kita akan rindu dengan masa-masa tidak sibuk. Saat kita tidak sibuk, kita akan rindu dengan masa-masa sibuk. (Kecuali yang berlepas diri).”
Gue, an author

Share: