Sebelum jauh saya paparkan perbedaan dua insan berjenis kelamin laki-laki yang bernama iBint dan iMop, saya akan jelaskan bahwa mereka memiliki persamaan yang mendasar: mereka berjenis kelamin laki-laki, mengenyam studi lanjutan di Psikologi UGM angkatan 2013, dan resmi menjadi mahasiswa UGM melalui jalur Ujian Masuk (UM). O, iya, keduanya sama-sama piawai mengoperasikan kamera saku dan piranti lunak pengolah gambar bergerak. (Mereka, per tanggal 31 Mei 2018, sama-sama belum menikah.)

Selanjutnya, mari simak perbedaan iBint dan iMop…

  1. iBint memiliki 4 nama dalam rangkaian nama lengkapnya. iMop cuman 3 nama.
  2. iBint resmi bergelar Sarjana Psikologi (S.Psi.) pada tahun 2017, iMop tidak saya ketahui rencana kesarjanaannya sampai tahun 2018 ini.
  3. iBint tidak begitu fasih berbahasa Jawa, sementara iMop fasih berbahasa Jawa dan berbahasa Ngapak.
  4. iBint sering main Twitter, iMop nggak begitu sering main HP apalagi Twitter-an.
  5. iBint punya rumah di Condong Catur, iMop di Gombong/Kebumen.
  6. iBint tinggal di rumah Condong Catur sewaktu berstudi lanjutan di UGM, iMop menyewa indekos di Pogung Dalangan.
  7. iBint sering datang futsal angkatan, iMop tidak pernah sama sekali.
  8. iBint, saya amati, suka mendengarkan lagu-lagu hip-hop, kalau iMop, saya amati, tidak suka mendengarkan lagu-lagu hip-hop, rock, atau dangdut.
  9. iBint dan iMop kerap Youtube-an, bedanya iBint cenderung menonton stand-up comedy atau hal-hal terbaru dari Raditya Dika atau orang-orang di dalam lingkaran kebudayaan massa, sementara iMop cenderung menonton serial kartun Doraemon dan video-video dagelan atau TikTok.

Selanjutnya, akan ditulis dengan menuliskan iMop sebagai permulaan subjek.

  1. iMop pernah menjadi Koordinator Keamanan PALAPA UGM tahun 2016, iBint pernah menjadi Pemandu kegiatan ospek Fakultas Psikologi UGM tahun 2014.
  2. iMop aktif di Resimen Menwa dan menjabat sebagai komandan pada tahun 2016, iBint tidak aktif di unit kegiatan mahasiswa tapi aktif ikut Pekan Kegiatan Mahasiswa dengan buah karya berupa Psycomic (komik tentang ilmu psikologi).
  3. iMop punya stik PS2 kabel berwarna hitam, iBint punya stik PS2 nirkabel warna merah.
  4. iMop pernah punya kamera DSLR, iBint sekarang punya kamera mirrorless
  5. iMop KKN (diacak LPPM) di daerah dekat kampungnya di Jawa Tengah, iBint KKN (jadi tim pengusul) jauh dari Jawa maupun Kalimantan.
  6. iMop sudah pernah ke rumah saya di Kalasan, iBint belum.
Share: