Tulisan ini hanyalah yang ada dalam benak saya. Tulisannya mengakar pada pandangan saya yang ingin memberi-tahu bahwa Psikolog dan Psikiater benar-benar berbeda. Memangnya, apa bedanya?

Psikolog adalah lulusan S1 Psikologi yang kemudian ia melanjutkan ke S2 Psikologi bidang Magister Profesi. Magister Profesi sering disingkat menjadi Mapro. Jadi, tidak setiap lulusan S1 Psikologi sanggup untuk menjadi Psikolog sebelum ia menapaki perkuliahan di S2 bidang Mapro. Di UGM sendiri, S2 Psikologi menawarkan dua cabang, yang pertama adalah Mapro dan yang kedua adalah Magister Sains. Magister Sains jelas berhubungan dengan sains/science yang artinya ilmu pengetahuan. Apakah lulusan S2 bidang Magister Sains bisa menjadi Psikolog? Maaf, jawabannya tidak. Psikolog adalah sebuah keahlian khusus, perkuliahan di Mapro dengan di Magister Sains tentulah berbeda. Akan tetapi, lulusan Magister Sains tentu boleh melakukan nasihat-nasihat sebatas pengetahuan yang dimilikinya karena ia dilatih bukan untuk menjadi Psikolog, melainkan dilatih untuk mengembangkan ilmu Psikologi.

Bagaimana dengan Psikiater? Nah, ini lain urusan. Memang, sama-sama diawali dengan harfiah kata psiko yang punya arti: Kejiwaan. Tapi beda! Psikolog adalah seorang pekerja yang minimal telah menjadi lulusan S2 Psikologi bidang Magister Profesi. Sedangkan, Psikiater adalah seorang pekerja yang lulus dari S1 Pendidikan Dokter dan kemudian meneruskan ke bidang spesialis kesehatan jiwa sehingga ia berhak mendapatkan gelar Sp.KJ (spesialis kesehatan jiwa). Psikolog tidak berhak memberi resep obat. Kalau Psikiater berhak karena ia adalah dokter.

Mari kita ambil kesimpulan.

Lulus S1 Psikologi tidak bisa menjadi Psikolog. Harus lulus S2 Psikologi bidang Mapro terlebih dahulu.
Lulus S2 Psikologi bidang Magister Sains tidak bisa menjadi Psikolog. Harus S2 yang bidang Mapro.

Psikiater bukan Psikolog. Pun sebaliknya. Psikolog adalah lulusan Psikologi. Psikiater adalah lulusan Kedokteran, telah selesai di spesialisasi kesehatan jiwa.

_

Ananda Sevma, mahasiswa Psikologi UGM angkatan 2013.

Share: