Apa sih yang dilihat setiap blogger ketika log-in yang ke sekian kalinya? Secara nalar sih rata-rata melihat dan meninjau: Jumlah pengunjung atau site-stats, komentar-komentar atau posting-posting yang disukai, dan pertambahan follower.

Tapi apa sih sebenarnya tujuan melihat jumlah pengunjung, komentar terbaru, dan jumlah follower? Ada kalanya ingin menjadikan blognya terkenal, lebih dikenal dari minggu lalu atau bulan-bulan yang lalu, ingin dibaca banyak orang. Tentu. Itu adalah salah-satu fungsi media sosial berbasis blog/website.

Asyik aja sih, kalau kita nulis, eh, tapi yang baca malah dikit. Lebih asyik emang kalau banyak yang baca, sehingga kita bisa bergumam, ini lho ceritaku…

Menurutku, jangan cuma hobi nulis tapi nggak hobi mbaca. Juga jangan cuma hobi berbicara tapi nggak hobi mendengarkan. Dengan membaca, kemampuan nulis itu akan terasah, semakin terasah daripada minggu lalu atau bulan-bulan yang lalu. Kita punya referensi yang jelas-jelas itu adalah suatu peningkatan ilmu untuk diri sendiri.

Ceritaku dan ceritamu, mari dinikmati bersama… 

Share: